Sekilas Info

Peneliti Usulkan Saatnya Kota Binjai Miliki Riset Center PPKD

Wakil Wali Kota Binjai Rizky Yoananda Sitepu saat menerima kunjungan Peneliti Kebudayaan Kota Binjai Tengku Zainuddin (kiri) di Balai Kota Binjai, Senin (11/10/2021) siang.

Binjai - Peneliti budaya Kota Binjai Tengku Zainuddin mengusulkan adanya Pusat Riset (Riset Center) Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) di Kota Binjai. Tengku Zainuddin menyakini jika ini terlaksana maka Binjai akan menjadi kota pertama di Sumatera Utara yang memiliki Riset Center PPKD.

Riset Center PPKD menurut Zainuddin penting dilakukan guna menginput seluruh informasi kebudayaan, benda-benda kebudayaan dan Sumber Daya Manusia (SDM) kebudayaan.

"Ini nantinya amat berguna dalam menyusun strategi kebudayaan dan peta kebudayaan baik di tingkat kota, provinsi, hingga nasional sesuai amanat UU Nomor 5 tahun 2017 yang salah satu turunannya berisi tentang PPKD," kata pria akrab disapa Tengku itu, kepada wartawan, Senin (11/10/2021) siang di Binjai.

Tengku menjelaskan bahwa usulan keberadaan Riset Center PPKD Binjai sudah ia sampaikan kepada Wakil Wali Kota (Wawako) Binjai, Rizky Yoananda Sitepu saat menggelar pertemuan di ruang kerjanya, Senin (11/10/20210). Dalam pertemuan itu, kata Tengku, dirinya memberikan saran kepada Wawako agar Binjai segera memiliki Riset Center PPKD.

"Singkat ceritanya tadi Pak Wakil Wali Kota sangat mendukung rencana penelitian kebudayaan di Binjai," tuturnya.

Baca juga: Pemetaan Budaya Lokal Kota Binjai Sedang Dipersiapkan Tengku Zainuddin

Kata Tengku, dalam pertemuannya Rizky Yoananda Sitepu, Wakil Wali Kota Binjai itu menjawab tentang usulan Riset Center PPKD dengan santun. Wawako berjanji akan menyampaikan rencana usulan terbaik ini kepada Wali Kota Binjai Amir Hamzah.

"Sama diketahui bahwa Wali Kota Binjai juga memiliki tanggungjawab untuk mewujudkan visi misi menjadikan Kota Binjai yang maju serta berbudaya warganya. Sehingga besar harapan hal ini nantinya dapat membantu prestasi pasangan Amir-Rizki dalam memimpin Kota Binjai dalam mewujudkan visi misi kebudayaan," jelasnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Bayu D Aditama
Editor:Redaksi
Photographer:Istimewa

Baca Juga