Sekilas Info

Pemetaan Budaya Lokal Kota Binjai Sedang Dipersiapkan Tengku Zainuddin

Pemandangan jalan di Binjai (1885-1895)

Binjai - Pegiat budaya Tengku Zainuddin tengah mempersiapkan penelitian untuk memetakan kearifan lokal di Kota Binjai.

"Izinnya sudah saya pegang. Ya, penelitian ini mengarah pada sejauh mana kelompok-kelompok sosial memahami budaya warisan leluhur dan memahami benang merahnya terhadap UU No 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan," ungkapnya dalam bincang-bincang dengan wartawan di Binjai, Selasa (13/7/2021) siang.

Tengku, demikian sapaan akrab yang juga punya perhatian khusus terhadap dunia pergerakan ini, menjelaskan bahwa hasil penelitiannya nanti akan ia persembahkan kepada pemerintah kota Binjai. Rangkuman hasil penelitian itu sendiri dapat menjadi penguat pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah.

"Jadi produknya adalah pokok-pokok pikiran daerah yang akan disiapkan Pemko Binjai dalam bentuk peraturan daerah (Perda). Ini merupakan produk turunan dari UU Nomor 5 Tahun 2017 (tentang Pemajuan Kebudayaan) yang telah disiapkan pemerintah pusat," tambahnya.

Baca juga: Sineas Tertarik Garap Film Pendek Tentang Budaya Binjai

Dia memperkirakan penelitian akan tuntas dalam tempo enam bulan, sesuai tenggat waktu izin yang diterimanya. Selama proses penelitian, harapannya Pemko Binjai dapat turut menggerakkan potensi sumber daya yang ada guna kelancarannya.

Adanya dokumen pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah, bagi Tengku secara prinsip tidak sekadar kewajiban pemerintah daerah, sebagaimana amanat undang-undang dimaksud.

Lebih jauh Tengku menyebutkan, implementasinya berhubungan erat dengan upaya mempersiapkan masyarakat dalam pencapaian visi-misi pembangunan.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Bayu D Aditama
Editor: Redaksi
Photographer: Wikipedia

Baca Juga