Sekilas Info

Usulan Warga Desa Liang Muda Jadi Pertimbangan Bank Sumut

Foto bersama serta kunjungan ke kebun untuk melihat budidaya lengkeng dan salak madu di Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (18/9/2021).

Deli Serdang - Warga Desa Liang Muda Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) mengusulkan 'Program Pembangunan Kawasan Agribisnis' agar dapat menjadi pertimbangan dari Bank Sumut.

Founder of LapakBuah.com, Ir Zein Ginting, MT menyampaikan akan adanya hajatan besar dalam program 'Kawasan Agribisnis Terpadu' yang nantinya akan melibatkan masyarakat di tujuh Desa yaitu Desa Rumah Rih, Durian Tinggung, Tanjung Muda, Tanjung Raja, Liang Muda, Liang Pematang dan Desa Bah Buntu yang terletak di Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Program Kawasan Agribisnis Terpadu itu dimaksudkan sebagai sebuah karya nyata bagi semua pihak dalam upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani di Kecamatan STM Hulu.

Usulan dari Founder LapakBuah.com Zein Ginting soal pembangunan Kawasan Agribisnis Terpadu ini dapat digali dari beberapa sumber seperti CSR, APBN, APBD, dan lain-lain.

Hal itu disampaikan saat dilakukan diskusi pihak USU, Bank Sumut, dengan Pemerintah Desa Liang Muda Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Sabtu (18/9/2021).

Wakil Rektor III USU, Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan mengatakan pihak USU akan segera membahas permintaan penyusunan Master Plan Program Kawasan Agribisnis Terpadu tersebut di lingkungan USU, serta akan membentuk Tim Peneliti yang dapat Mengakomodir aspirasi masyarakat di lapangan.

Ia juga menyampaikan pentingnya kolaborasi antara pihak Akademisi – Pemerintah – pihak Bisnis, serta ditambah unsur media massa serta komunitas, dalam mewujudkan semua ini.

Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan juga sepakat dengan usulan dari Founder LapakBuah.com  Zein Ginting, bahwa pembangunan Kawasan Agribisnis Terpadu ini dapat digali dari beberapa sumber seperti CSR, APBN, APBD, dan lain-lain.

Pihak USU meminta bantuan Camat STM Hulu, Budiman Sembiring agar dapat membantu mendata kebutuhan prioritas dari tujuh Desa yang dimaksud untuk dipertimbangkan dalam Program Desa Binaan USU.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Rustam Nduru
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga