Sekilas Info

Stok Vaksin COVID di Karo Menipis

Warga di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, saat divaksin oleh petugas Satgas Penanganan COVID-19 beberapa waktu lalu.

Karo - Keterbatasan vaksin COVID-19 di Indonesia terus meluas hingga ke daerah-daerah di tanah air, salah satunya termasuk Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Bahkan hingga berita ini ditayangkan, Senin (2/8/2021) petang, ketersediaan vaksin pada Dinas Kesehatan Kabupaten Karo sangat menipis, bahkan hanya tersisa 63 vial.

Akibat menipisnya stok vaksin di Karo, pihak Dinas Kesehatan Karo telah membatasi distribusi vaksin ke Puskesmas yang terdapat di sejumlah kecamatan.

Upaya tersebut sebagai langkah menjaga stok vaksin agar Dinas Kesehatan setempat bisa memprioritaskan vaksinasi terhadap masyarakat dengan kebutuhan emergency, seperti memberangkat anak sekolah di luar Karo, kuliah dan kebutuhan pekerjaan lainnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, Arie Lopiga, mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat permohonan permintaan vaksin untuk menambah stok vaksin di Karo kepada Dinas Kesehatan provinsi Sumatera Utara.

"Ketersediaan stok vaksin saat ini tinggal 63 vial, saat ini kita (juga) sudah mengirimkan surat permohonan ke Pemprov (Sumut)," ungkapnya.

Arie menambahkan, selama ini Pemkab Karo menerima pasokan vaksin dari Provinsi sebanyak 500 hingga 1000 vial setiap pengiriman. Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat agar dapat bersabar karena adanya keterbatasan stok vaksin.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Hetriansyah P
Editor: Redaksi
Photographer: Hetriansyah P

Baca Juga