Sekilas Info

Karhutla di Merek, 25 Hektare Lahan Terbakar

Petugas gabungan tengah berusaha memadamkan api di Karhutla, Desa Tongging, Kecamatan Merek, Karo, Sumatera Utara, Kamis (29/7/2021) pagi.

Karo - Setelah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di hutan Sipisopiso, Desa Situnggaling, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, pada Minggu (2/7/2021) lalu, kali kini Karhutla kembali terjadi di Desa Tongging, kecamatan Merek, kabupaten Karo.

Kebakaran hutan ini terjadi sekira pukul 9.30 WIB, Kamis (29/7/2021) itu, menghanguskan pada wilayah lereng, perbukitan yang ada di Desa Tongging, dan luas areal yang terbakar diperkirakan mencapai 25 hektar.

Upaya pemadaman terus dilakukan pihak Manggala Agni Sibolangit beserta Damkar Karo, MPA, dan TNI-POLRI serta BPBD turut bekerjasama memadamkan api di wilayah itu.

Terpantau, Kebakaran makin cepat menjalar di karenakan angin kencang dan keringnya ilalang.

Situasi tersebut diperparah dengan saat kejadian bebatuan jatuh dari lereng perbukitan jatuh ke arah petugas yang berada di badan jalan, sehingga mempersulit petugas melakukan pemadaman.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Karo, Api Meluas ke Wilayah Simalungun

Humas Manggala Agni Sibolangit Angfier Sinaga kepada dailyklik di Karo mengatakan, saat ini kondisi kebakaran telah di kendalikan dan sedang dilakukan proses pengecekan (mop up) dan pemadaman sisa sisa api.

"Kondisi saat ini sudah aman, dan petugas sedang melakukan mop up" ungkapnya saat di konfirmasi, Jumat (30/7/2021) siang.

Salah seorang petugas Manggala Agni Sibolangit sedang berusaha memadamkan api dengan alat pemadan seadanya di titik api, Desa Tongging, Kecamatan Merek, Karo.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Hetriansyah P
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga