Sekilas Info

Saat Pandemi, Saham-saham Ini Justru Panen

Bursa Efek Indonesia/istimewa
Bursa Efek Indonesia/istimewa

Medan – Diakui kalau pandemi Covid-19 telah membuat banyak sektor ekonomi nasional maupun global terpuruk. Pukulan itu juga berlaku di bursa saham. Banyak emiten saham di berbagai pasar modal, termasuk di Indonesia, yang anjlok.

Namun, kata Kepala PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Sumut, Muhamad Pintor Nasution, kepada sejumlah media di Medan, Sabtu (29/5/2021),di setiap situasi yang buruk sekalipun, selalu peluang. Ia menyebutkan, secara nasional kinerja sejumlah emiten di pasar modal Indonesia di tahun 2020 malah mencatatkan tren positif.

"Bahkan saham-saham itu melampui kinerja indeks harga saham gabungan atau IHSG. Contoh, di sektor kesehatan atau IDX Sector Healthcare, sektor perindustrian (IDX Sector Industrials), dan sektor barang baku (IDX Basic). Informasi kenaikan harga saham sektoral dapat dilihat pada perkembangan Indeks Harga Saham Sektoral di BEI," ujar Pintor.

Pintor lalu menyebutkan kinerja tujuh dari sebelas sektor IDX – IC hingga April 2021 yang mampu melampui kinerja IHSG yang tercatat 0,28% (YTD Apr-21). Hinga April 2021, kata Pintor, IDX Sector Technology mencetak pertumbuhan paling tinggi, yaitu mencapai 186,01% ytd.

Sekadar informasi, Year to date (YTD) mengacu pada periode yang dimulai pada hari pertama kalender atau tahun fiskal sampai dengan tanggal saat ini. Informasi YTD berguna untuk menganalisis tren bisnis atau membandingkan data kinerja. Misal, nilai saham A saat dibeli di tahun 2020, nilainyabisa dilihat saat tanggal sekarang di tahun 2021.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Hendrik Hutabarat
Editor: redaksi
Photographer: istimewa

Baca Juga