Sekilas Info

Mendag Lutfi Minta Maaf Soal Bipang Ambawang yang Disebut Presiden Jokowi

Mendag Muhammad Lutfi/liputan6.com
Mendag Muhammad Lutfi/liputan6.com

Jakarta-Menteri Perdagangan M Lutfi secara terbuka meminta maaf kepada masyarakat luas mengenai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal Bipang Ambawang yang viral. Dalam video yang beredar, Jokowi terkesan mempromosikan Bipang Ambawang, kuliner khas Kalimantan Barat.

Bipang sendiri merupakan makanan yang bahan utamanya adalah daging babi muda. Karena cita rasanya yang khas, bipang akhirnya dikemas dan dijadikan makanan oleh-oleh di Pontianak.

Mendag menegaskan, pernyataan Presiden Jokowi tersebut harus dimaknai secara luas. Dalam hal ini, tidak ada maksud apapun oleh Jokowi untuk mempromosikan makanan khas Pontianak tersebut.

"Pernyataan Pak Presiden yang ada dalam video tersebut mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai dan membeli produk lokal. Pernyataan itu ditujukan ke seluruh masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragam suku agama, budaya, yang memliki kekayan kuliner nusantara. Setiap makanan memilki kekhasan dan menjadi makanan favorit lokal," kata Mendag, Sabtu (8/5/2021).

Mendag juga mengakui, Bipang saat ini menjadi makanan yang dikonsumsi dan dicintai oleh masyarakat sekitar. Tentu hal ini adalah salah satu contoh produk UMKM dan menjadi bagian dari kekayaan kuliner nusantara yang patut dibanggakan.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Bejo
Editor: redaksi

Baca Juga