Sekilas Info

Yuk Kenalan dengan Lina “Kartini” Cantik Sopir Bus Wonogiri-Jakarta

Lina, salah satu sopir bus Agra Mas jurusan Wonogiri-Jabodetabek bersiap berangkat dari pul bus wilayah Wonogiri, Rabu (21/4/2021). [Solopos/M Aris Munandar]
Lina, salah satu sopir bus Agra Mas jurusan Wonogiri-Jabodetabek bersiap berangkat dari pul bus wilayah Wonogiri, Rabu (21/4/2021). [Solopos/M Aris Munandar]

Solo-Hari Kartini setiap 21 April selalu memunculkan cerita-cerita inspiratif dari sosok perempuan. Salah satunya, Lina, sopir bus jurusan Wonogiri-Jakarta.

Ya, wanita asal Wonogiri itu memilih pekerjaan sebagai sopir bus antarkota dan antarprovinsi. Dia bekerja di Perusahaan Otobus (PO) Agra Mas.

Meski lazimnya pekerjaan sopir adalah seorang pria, namun Lina memiliki kegigihan dan semangat juang tinggi serta pantang menyerah. Skill menyetirnya pun tak kalah dengan sopir laki-laki.

Lina mengatakan makna Hari Kartini bagi dirinya adalah terus berusaha sebagai pejuang rupiah untuk keluarga dan harus tetap semangat.

"Bekerja sebagai apa dan di mana saja harus tetap semangat dan tidak menyerah. Karena bekerja untuk keluarga. Harus kuat di jalan dan fit dalam bekerja," katanya kepada wartawan di pul Bus Agra Mas, Wonogiri, dilansir Solopos.com--jaringan Suara.com, Jumat (23/4/2021).

Lina mengatakan tidak masalah menjadi sopir bus Wonogiri-Jakarta meski dirinya seorang perempuan. Keluarganya juga tidak keberatan ia menjalani pekerjaan itu.

"Mendapat restu dari keluarga sangat penting. Karena pekerjaan sopir banyak risikonya," ungkapnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Bejo
Editor:redaksi

Baca Juga