Sekilas Info

Selamatkan Orang Utan, Mobil BKSDA Sumut Dilempari Batu

Seekor Orang Utan yang diamankan petugas BKSDA Sumut dari lokasi korservasi di Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara, Senin (22/3/2021).

Binjai - Upaya penyelamatan Orang Utan yang dilakukan petugas BKSDA Sumut dari salah satu rumah warga di Jalan Gunung Sibayak, Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara, berujung ricuh, Senin (22/3/2021).

Mobil Ford dengan nopol B 9096 WSW warna silver yang ditumpangi empat petugas KBSD dilempari batu oleh kawanan orang tak dikenal (OTK). Hingga menyebabkan kaca mobil menjadi pecah.

Informasi yang berhasil diperoleh, menyebutkan bahwa awalnya proses mediasi untuk mengamankan orang utan berjalan lancar. Karena warga yang memelihara orang utan berjanji dalam waktu seminggu akan menyerahkan orang utan ke BKSDA Sumut.

Namun saat dalam perjalanan pulang, sekira 600 meter, rombongan petugas BKSDA yang menggunakan tiga mobil dicegat oleh kawanan OTK. Jumlahnya sekira delapan orang menggunakan sepeda motor.

"Tiba-tiba salah seorang dari mereka langsung berlari mendekati mobil kami. Dan langsung melemparkan batu besar hingga membuat kaca mobil kami pecah," kata salah seorang relawan BKSDA yang ikut di dalam mobil tersebut.

Kata petugas, mobil rombongan ia dan tim BKSDA tumpangi yang paling di depan. Sehingga menjadi sasaran aksi pelemparan batu.

"Di dalam mobil ada empat orang. Untungnya gak kenapa-kenapa. Cuma ada satu yang duduk di dekat kaca yang pecah itu (dan) sudah kami suruh pulang dia, karena agak trauma," ucapnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Bayu Dian Aditama
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga