Sekilas Info

Gurita Korupsi Benur Lobster, KPK Bongkar Aktor Utama

Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI)/ Jeirry Sumampow
Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI)/ Jeirry Sumampow

IBC dan Koalisi mendukung penuh langkah KPK untuk memeriksa para eksportir benih bening lobster (BBL) yang melalui jalur resmi KKP serta membongkar struktur bisnis gelap yang didalamnya melibatkan aparat pemerintah.

Lolosnya ribuan BBL yang melebihi jumlah pada dokumen tak lepas dari peran kunci oknum Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jakarta (BKIPM) yang merupakan instansi di bawah KKP.

“Dalam pantauan IBC dan Koalisi, KKP yang melakukan penghitungan dan penyegelan justru tak meminta keterangan para eksportir nakal," Roy Salam dari IBC saat menggelar media briefing secara daring pada Selasa (17/3/2021) di Kantor Formappi Jalan Matraman Raya No.32B, Matraman, Jakarta Timur.

Koalisi, menurut Jeirry Sumampouw dari TEPI Indonesia menduga adanya permufakatan jahat di balik kesepakatan atas harga pengiriman Rp 1.800/ekor benih lobster oleh eksportir dan KKP.

"Karena angka ini termasuk mahal dan diketahui bahwa ongkos riil yang dibayarkan kepada perusahaan jasa pengiriman cargo (freight forwarding) adalah Rp 350/ekor," ujarnya.

Hal ini, mennurut Koalisi Masyarakat, memicu timbulnya dugaan adanya hubungan yang kuat antara disepakatinya harga tinggi ekspor Rp 1.800/ekor dengan manipulasi data ekspor BBL, yang juga berakibat pada dugaan praktik penggelapan pajak dan pemalsuan dokumen oleh seluruh eksportir, dan ini direstui oleh KKP selaku pihak yang melakukan perhitungan dan penyegelan kotak cargo yang akan dikirim.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Devis
Editor: Bejo

Baca Juga