Sekilas Info

Gurita Korupsi Benur Lobster, KPK Bongkar Aktor Utama

Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI)/ Jeirry Sumampow
Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI)/ Jeirry Sumampow

Hal tersebut memungkinkan dugaan terjadinya korupsi yang terstruktur di mana korupsi dilakukan pejabat dalam struktur pemerintahan, sistematis karena korupsi sudah dilakukan dengan perencanaan dan pengkoordinasian secara matang dan massif dimana korupsi dilakukan secara besar-besaran.

Semakin menjelaskan Menteri yang ditangkap memiliki hubungan dan kaki tangan di sekelilingnya yakni para asisten pribadi maupun pejabat di lingkungan kementerian.

Mereka secara struktur memiliki kuasa dan memahami sistem pengadaan maupun bagaimana korupsi dilakukan. korupsi akan sulit diberantas jika akar permasalahan kartel dan penguasa bisnis gelap ini tidak ikut diberantas.

Nilai kerugian negara akibat ekspor lobster ilegal yang dikendalikan struktur gelap ini jauh lebih besar. KPK harus bisa membongkar aktor utama praktik ilegal kasus ini. Karena akan merusak terbentuknya Tata Kelola Kepemerintahan yang baik.

Selain itu keberanian dan keseriusan KPK untuk memproses dua kasus ini sampai ke akar-akarnya, termasuk membongkar struktur gelap yang mengendalikan dan mempermainkan kuasa negara agar kepercayaan publik menguat di tengah tudingan pelemahan fungsi KPK.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Devis
Editor: Bejo

Baca Juga