Sekilas Info

BI Menyerahkan 900 Lembar UPK Rp75 Ribu kepada Pemko Pematangsiantar

Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah, Rabu (19/8/2020) siang menerima UPK pecahan Rp75 ribu dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar Edhi Rahmanto Hidayat.

Pematangsiantar – Wali Kota Pematangsiantar H Hefriansyah menerima Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) pecahan Rp75 ribu dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar Edhi Rahmanto Hidayat, di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan MH Sitorus, Rabu (19/8/2020).

Pada kesempatan itu, Edhi Rahmanto Hidayat mengatakan penyerahan UPK Rp75 ribu kepada Wali Kota sebagai bentuk apresiasi Gubernur BI kepada Pemko Pematangsiantar.

UPK pecahan Rp75 ribu itu, kata Edhi, berlaku untuk transaksi jual beli. Bukan sekadar cenderamata.

Dikatakan Edhi, uang pecahan Rp75 ribu itu diluncurkan bersamaan dengan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8/2020).

"Jadi sebagai pengingat Kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah berusia 75 tahun," katanya.

Baca juga: Jadi Tuan Rumah Kompetisi Liga 2, PSMS Medan Butuh Dana Rp400 Juta

UPK pecahan Rp75 ribu itu, lanjut Edhi, dicetak terbatas, hanya 75 juta lembar. Untuk Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar, hanya ada 900 lembar.

Karena jumlahnya terbatas, warga yang hendak memiliki uang tersebut, dibatasi satu lembar per orang.

Pantauan Daily Klik di Kota Pematangsiantar, penukaran uang pecahan Rp75 ribu itu sudah dilakukan sejak Selasa (18/8/2020). Kantor BI Pematangsiantar telah menyediakan sebanyak 150 lembar uang pecahan Rp75 ribu bagi warga yang hendak menukar uang Kemerdekaan tersebut.

Sementara itu, Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM menyambut baik peluncurkan UPK pecahan Rp75 ribu.

"Terima kasih kepada Bank Indonesia yang sudah memberikan uang pecahan Rp75 ribu yang merupakan edisi HUT ke-75 Kemerdekaan RI," tuturnya.

Untuk diketahui, bagi warga yang ingin memiliki uang pecahan Rp75 ribu, bisa memesan melalui laman BI https://pintar.bi.go.id. Nantinya para pemesan akan diminta mencantumkan nama dan NIK sesuai KTP.

Setelah pesanan diterima, pemesan bisa menukarkan uang Kemerdekaan ke kantor BI sesuai jadwal yang tertera di aplikasi.

Penulis: Hendri Siadari
Editor: Redaksi
Photographer: Ist

Baca Juga