Sekilas Info

Pemilu 2024

Ribuan Perolehan Suara Caleg DPR RI di Sumut Hilang, AY Gea : Kejahatan Situs KPU Melawan Hukum

MEDAN – Dugaan kecurangan terhadap hasil penghitungan suara calon anggota legislatif (Caleg) pada Pemilu 14 Februari 2024 seakan masif dan kian tidak terbendung. Bahkan hasil penghitungan real count suara caleg pada situs resmi KPU RI (https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdpr/hitung-suara) pun bisa berkurang dari angka sebelumnya. Seperti yang dialami caleg DPR RI daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara (Sumut) I dan III.

Ali Yusran Gea caleg DPR RI Partai Demokrat asal daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara (Sumut) I meliputi kota Medan, kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai (Sergai) dan kota Tebing Tinggi adalah salah satu caleg yang mengalami hal tersebut.

Dua hari sebelumnya, Minggu 17 Februari 2024 sekira pukul 14.56 WIB jumlah suara yang tercantum di real count KPU RI dalam laman pemilu2024.kpu.go.id/pilegdpr/hitung-suara bertengger diangka 3.419 suara. Lalu pada, Senin 19 Februari 2024, pukul 17.00 WIB, jumlah perolehan suara milik caleg DPR RI Partai Demokrat ini telah berkurang jauh dan tersisa hanya 175 suara.


BACA JUGA
Ust Dedi Iskandar Batubara Pimpin Perolehan Suara DPD Sumut: Rekam Jejak ‘Mendulang’ Suara

Menpora Ingin Sport Centre Sumut Dirawat dan Dimanfaatkan untuk Pembinaan Atlet


“Pagi ini saya dan kawan kawan (Caleg) kehilangan ribuan suara (pada) setiap caleg, saya saja 3 ribu (suara) lebih hilang dalam situs KPU,” kata Ali Yusran Gea kepada wartawan, di Medan, Senin 19 Februari 2024.

Ali Yusran Gea yang juga Advokat ternama di Medan ini, menyebut bahwa hilangnya ribuan suara miliknya pada situs KPU RI itu merupakan tanggungjawab KPU sebagai penyelenggara Pemilu. Menurut Ali kekeliruan pada situs KPU itu merupakan perbuatan melawan hukum.

“Situs KPU merupakan alat vital KPU dalam menyelenggarakan pemilu dan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kewenangan KPU menetapkan caleg terpilih, maka kejahatan dan atau kekeliruan situs KPU (adalah) bahagian dari perbuatan yang sifatnya melawan hukum dan dapat dimintai pertanggungjawaban hukumnya,” kata AY Gea sebutan akrab Ali Yusran Gea.


BACA JUGA
Unsur Kecurangan TMS Menghiasi Pilpres 2024, TPN : Merugikan Ganjar-Mahfud

Himpun Bukti Kecurangan, TPN Ganjar-Mahfud Ajak Masyarakat Upload Data ke Google Drive

Tangkapan layar | Perolehan suara Caleg DPR RI Partai Demokrat dapil Sumut I, Senin 19 Februari 2024.


Berubahnya hasil perolehan suara...

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi

Baca Juga