Sekilas Info

Rusak Momen Natal, KSTP Serang Pos Pamtas Satu Prajurit TNI Gugur

Prajurit TNI korban penyerangan yang kritis saat dalam perawatan di Rumah Sakit Teminabuan, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

JAKARTA - Suasana Natal 25 Desember 2023 di Kampung Bousah, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya dirusak oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP), Kelompok Separatis itu dua Prajurit dari Satgas Yonif 133/Yudha Sakti khusus penjaga wilayah perbatasan di Papua.

Akibat penyerangan tersebut Kopda Hendrianto prajurit TNI gugur dan satu prajurit Pratu Frangky Gulo dalam keadaan kritis. Insiden yang menodai hari Natal ini dilakukan oleh kelompok sayap OPM (Organisai Papua Merdeka) pimpinan Manfred Fatem.

Berdasarkan siaran pers Pusat penerangan (Puspen) TNI memperkirakan serangan dilakukan oleh kelompok KSTP secara tiba-tiba kearah Pos Bousha dari ketinggian, sekira pukul 14.00 WIT dengan jarak 100 meter.

Korban yang kritis saat ini masih dalam perawatan Rumah Sakit Teminabuan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sementara korban yang meninggal masih disemayamkan.


BACA JUGA
Harapan (buat) Panglima TNI Baru: Membangun Ketahanan Siber Nasional di Era Digital

Satgas Pamtas TNI Tembak Mati Satu Anggota KST Papua


Dari informasi yang diperoleh Puspen TNI, saat ini wilayah Bousha Distrik Aifat Selatan cuaca hujan mendung sehingga untuk mobilitas pergerakan dan komunikasi mengalami kendala, karena ketiadaan sinyal internet dan telepon selular.

Kepala Puspen (Kapuspen) TNI Brigjen TNI Nugraha Gumilar melalui keterangan resminya, Rabu 26 Desember 2023, membenarkan adanya penyerangan tersebut.

"Ya benar itu KSTP (yang) melakukan penyerangan (ke) pos Satgas Pamtas di Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya yang mengakibatkan satu prajurit kita gugur dan satu luka berat, untuk detail insiden masih dalam penyelidikan," terang Kapuspen TNI.


BACA JUGA
Hadiri HMN Ke-59 Bersama Panglima TNI di Kupang, Menhub Budi Karya Kagum Maritim NTT


Selanjutnya 1 2
Penulis: Ali Imran
Editor: Redaksi

Baca Juga