Sekilas Info

Opini

Stop Politik Para Penghianat

Sutrisno Pangaribuan, Presidium Kongres Rakyat Nasional.

Barangkali terlalu prematur Aswan Jaya, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan ( PDIP) Sumatera Utara (Sumut) membicarakan Pemilihan Gubernur Sumut, (Pilgubsu) 2024. Aswan sepertinya sedang "cari perhatian" dengan menyebut salah seorang kepala daerah pemilik KTA PDIP sebagai "kader terbaik", yang layak dipertimbangkan sebagai Cagubsu 2024.

Jika hanya menjadi kepala daerah dijadikan Aswan sebagai syarat dan ukuran sebagai "kader terbaik", maka banyak kader PDIP, bahkan Ketua DPC PDIP yang saat ini sedang menjabat kepala daerah di Sumut.

Merujuk proses yang dialami "kader terbaik" PDIP, Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni sebagai Walikota Solo dua periode, lalu jadi Gubernur DKI Jakarta, kurang dari satu periode, hingga jadi Presiden dua periode. Maka justru Nikson Nababan (Bupati Tapanuli Utara), atau Hillarius Duha ( Bupati Nias Selatan) yang tepat dimajukan pada Pilgubsu 2024.

Pengalaman keduanya sama dengan Jokowi, Nikson Nababan dan Hillarius Duha telah menjadi Bupati dua periode. Sementara Zahir (Bupati Batubara), Darma Wijaya ( Bupati Serdang Bedagai), dan Bobby Afif Nasution (Walikota Medan), baru menjabat satu periode sebagai kepala daerah.

Baca juga: Ingin Menang Pilpres 2024, Parpol Pendukung Ganjar Pranowo Jangan Sombong!

Fenomena Budiman Sudjatmiko

Barangkali banyak orang memberi penilaian "buruk" terhadap pilihan dan langkah politik Budiman Sudjatmiko (Budiman) saat ini. Budiman hijrah dari PRD lalu ke PDIP, kini mendukung Prabowo, lalu dipecat PDIP.

Aswan juga sama, migrasi dari PRD ke PPP (versi Djan Farids), lalu hijrah dari PPP untuk menjadi Wakil Ketua DPD PDIP Sumut. Demikian juga dengan sejumlah orang yang pernah dipecat PDIP, bahkan menjadi lawan politik PDIP, kini menjadi Caleg PDIP.

Maka tindakan Budiman itu biasa, bukan hal baru, sehingga Budiman tidak layak dihukum, dibully dengan menyebutnya "penghianat". Tangan PDIP juga terbuka menyambut dan menampung para penghianat, baik yang pernah menghianati PDIP sendiri, maupun menghianati partai lainnya.

Jauh sebelum para penghianat tersebut masuk PDIP, budiman sudah menjadi "hero". Bahkan sebelum PDIP lahir, Budiman telah bertarung nyawa membela demokrasi, mempertahankan kantor DPP PDI. Hingga Budiman dipenjara karena membela Megawati Soekarnoputri, yang dijadikan simbol perjuangan demokrasi, melawan rezim otoriter orde baru.

Baca juga: Jokowi Menuju Panggung Dunia: Nobel Perdamaian dan Sekjend PBB!

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Sutrisno Pangaribuan
Editor: Redaksi
Photographer: Doc. Pribadi

Baca Juga