Sekilas Info

Berpontensi Melanggar HAM, KNPI: Tragedi Kanjuruhan Akumulasi Pembinaan yang Salah

Haris berharap Presiden Jokowi tegas lakukan evaluasi dan tindak siapapun yang mesti bertanggungjawab.

"Kami harap Pak Presiden Jokowi lakukan evaluasi tegas kepada Menpora terkait pembinaan olahraga yang tidak substansial pada nilai-nilai universal keolahragaan sehingga berdampak pada tragedi berdarah kanjurihan ini, dan kiranya dapat segera perintahkan Kapolri melakukan upaya penyelidikan dan evaluasi yang menyeluruh terhadap pertandingan ini," harapnya.

Lebih lanjut Haris menegaskan bahwa adanya pelanggaran protap pengamanan pertandingan oleh aparat keamanan.

"Padahal jelas penggunaan gas Air mata tersebut dilarang oleh FIFA. FIFA dalam Stadium Safety and Security Regulation Pasal 19 menegaskan bahwa penggunaan gas air mata dan senjata api dilarang untuk mengamankan massa dalam stadion," tegas Haris.

Pelanggaran HAM

Haris menilai adanya potensi pelanggaran HAM oleh aparat keamanan atas tragedi berdarah ini.

"Kami menilai bahwa tindakan aparat dalam kejadian Kanjuruhan bertentangan dengan beberapa peraturan tentang pengendalian massa, dan penanganan yang dilakukan aparat dalam mengendalikan masa berpotensi terhadap dugaan pelanggaran HAM dengan meninggalnya lebih dari 182 Korban Jiwa dan ratusan lainnya luka-luka", jelas Haris.

Haris pun mengajak kepada seluruh suporter olahraga dan aparat keamanan memahami makna kemenangan sesungguhnya.

"Saudaraku seluruh suporter dan aparat keamanan, ingatlah yang kalian hadapi adalah saudara kalian sendiri sesama suporter yang juga manusia, dan sejatinya kemenangan itu adalah kemanusiaan, maka sayangilah nyawa saudara kalian sesama manusia," pungkas Haris Pertama.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi

Baca Juga