Sekilas Info

Jelang Lebaran, Ini Tips Atur Keuangan dengan Baik

Atur Keuangan dengan Baik.

Jakarta - Sebagai momen yang paling dinantikan oleh umat muslim usai menjalankan ibadah puasa Ramadhan, Hari Lebaran sangat erat dengan tradisi mudik atau pulang kampung serta bersilaturahmi dengan keluarga dan tetangga.

Silaturahmi biasanya tak lepas dari sajian aneka hidangan kecil seperti kue kering hingga makanan besar seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan lain sebagainya. Tanpa disadari, hal tersebut akan menyerap biaya yang cukup banyak.

Agar dapat mengelola anggaran dengan baik, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan, dikutip dari siaran pers Ternak Uang pada Kamis (28/4/2022).

Tentukan anggaran

Anda perlu membuat rincian terkait kebutuhan di Hari Lebaran. Misalnya, tiket mudik pulang-pergi, membeli bahan-bahan untuk masakan lebaran, membeli baju anak, angpau untuk keluarga, dan sebagainya.

Rincian anggaran akan membantu Anda supaya keuangan tidak menipis usai Lebaran.

Pisahkan THR dan gaji

Salah satu yang paling membahagiakan jelang Lebaran adalah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Pastikan Anda tidak kalap saat melihat nominal di rekening bank membuncit.

Anda harus tetap mengalokasikan gaji untuk kebutuhan bulanan. Sementara untuk keperluan menjelang Hari Lebaran, Anda bisa menggunakan THR.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Ilustrasi

Baca Juga