Sekilas Info

GPDRR 2022 Ajang Indonesia Dorong Ketangguhan Bencana

Ilustrasi

Jakarta - Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati mengatakan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) atau Forum Global Pengurangan Risiko Bencana pada 23 Mei 2022 di Bali, akan menjadi kesempatan Indonesia mendorong dunia internasional membangun ketangguhan atau resiliensi bencana bersama.

Mengingat kegiatan pertemuan dan konferensi global itu akan dihadiri oleh delegasi dari 193 negara, diyakini diskusi tersebut akan menghasilkan suatu konsep untuk upaya pengurangan risiko bencana internasional.

"Event (acara) ini menjadi penting karena kita adalah negara yang memiliki risiko yang cukup tinggi. Nilai strategis saat ini adalah bagaimana dunia bisa belajar dari Indonesia," kata Raditya Jati dalam keterangannya yang ditulis, Kamis (21/4/2022).

Raditya mengatakan Indonesia sebagai tuan rumah GPDRR ke-7 akan memegang peranan penting karena akan merefleksikan kepercayaan komunitas internasional. Terlebih posisi Indonesia sebagai negara center of knowledge (pusat pengetahuan), sekaligus memajukan soft diplomacy (diplomasi lunak) dalam bidang kemanusiaan dan umum dalam risiko penanggulangan bencana.

"Turning point (titik balik) yang paling penting adalah bagaimana membangun resiliensi ini di masa depan, untuk generasi yang tangguh," ujarnya.

Menurut Raditya, Resiliensi bisa terwujud dengan adanya kolaborasi semua sektor mulai dari Kementerian/ Lembaga, akademisi, media, lembaga usaha, lembaga swadaya masyarakat dan pihak lainnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Ilustrasi

Baca Juga