Sekilas Info

Bulan April 2022, Harga Keekonomian Pertamax Rp16.000 per Liter

SPBU ilustrasi

Tingginya harga minyak dunia sangat berpengaruh terhadap harga BBM. Sebagai informasi, batas atas harga jual jenis BBM umum RON 92 untuk jenis Pertama untuk Maret 2022 sebesar Rp14.526 per liter.

Harga tersebut merupakan cerminan dari harga keekonomian BBM RON 92 berdasarkan formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis BBM Umum.

Harga keekonomian naik bulan April 2022

Adapun dalam menghitung harga keekonomian atau batas atas bulan Maret tersebut, mempertimbangkan realisasi perkembangan harga di Februari lalu. Padahal pada bulan itu, harga minyak belum setinggi per Maret 2022.

"Dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 bulan April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp 14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp16.000 per liter," papar Agung.

"Jadi sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak Menteri ESDM, saat ini kita masih mencermati harga minyak ini, karena kalau berkepanjangan memang bebannya berat juga baik ke APBN, Pertamina dan sektor lainnya," tandasnya seperti dilansir dari merdeka.com.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Ilustrasi

Baca Juga