Sekilas Info

Membanggakan, UMSU Raih Bintang 4 dari QS Stars

Rektor UMSU, Prof Dr Agussani, MAP.

QS World University Ranking merupakan peringatan universitas tingkat dunia yang cukup terkenal, salah satu programnya adalah QS Stars. Melalui program tersebut UMSU berhasil meraih skor 699 sehingga mendapatkan bintang 4,  jika meraih skor 700  akan mencapai bintang 5.

Diraihnya skor tersebut karena QS menilai 8 komponen yang menjadi penentu pemeringkatan berhasil dilewati. Di antaranya, UMSU mendapat bintang 5 untuk sistem pengajaran, fasilitas, perkembangan akademik. ketergunaan, tanggung jawab sosial dan keterbukaan.

Sementara itu, untuk internasionalisasi mendapatkan bintang 2 dan kedokteran meraih bintang 4. Komponen tersebut diukur dengan standar global oleh reviews dunia.

Sebelumnya, Wakil Rektor III Dr Rudianto, MSi yang ditunjuk menjadi koordinator QS stars menjelaskan bahwa proses pemeringkatan telah dilakukan sejak 17 November 2021 dengan proses yang sangat luar biasa.

Menghadapi reviewers dunia dari Singapura, India, Cina dan negara lainnya tentu tidak mudah.

"Dalam penyiapan dokumennya sangat luar biasa karena begitu detailnya reviewer. Kita berharap semoga ke depan, apabila program ini terus berjalan, maka kita dapat memperbaiki dan memaksimalkan data yang ada. Potret riset harus dikembangkan dan menjadi PR besar untuk kita," ujar Rudianto.

Peresmian dilanjutkan dengan menyerahkan sertifikat QS Star kepada seluruh pimpinan fakultas dan Pascasarjana UMSU.

Prosesi ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh sivitas akademika UMSU  guna mengejar world university rankings di tahun 2033.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga