Sekilas Info

Peringati 10 November, Budayawan Binjai Baca Puisi di TMP Syuhada

Budayawan Binjai usai membacakan Puisi di Makam Pahlawan, Rabu (10/11/2021) siang.
Budayawan Binjai usai membacakan Puisi di Makam Pahlawan, Rabu (10/11/2021) siang.
Binjai - Beragam cara dapat dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November. Salah satunya dengan menggelar acara pertunjukan seni budaya. Seperti yang dilakukan budayawan di Kota Binjai. Mereka menggelar acara baca puisi, persis di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Syuhada Binjai, di Jalan T Moh Pahlawan, Kelurahan Timbang Langkat, Binjai Timur, Rabu (10/11/2021).

Acara bertajuk Pagelaran Puisi Hari Pahlawan 10 November 2021 itu, diikuti puluhan seniman yang tergabung dalam Forum Kebudayaan Masyarakat Binjai (FKMB). Tidak ketinggalan mereka yang hadir satu persatu tampil membacakan puisi peringatan hari pahlawan.

Salah seorang budayawan, Jefri Simanungkalit, menyebut acara ini digelar dengan tujuan ingin membangkitkan kembali nilai-nilai tradisi leluhur yang sudah tergerus oleh peradaban waktu.

"Maka dari itu kita menyampaikan pesan sesuai dengan slogan "ikuti zamanmu jangan tinggalkan budayamu," ungkapnya.

Jefri mengajak warga Binjai untuk terus melestarikan nilai-nilai luhur kepahlawanan yang ditinggalkan para pejuang. Ia berharap acara ini tidak sekedar dimaknai secara seremonial saja.

"Kedepannya kita juga akan mengajak kawan kawan dan kaum millenial, agar kembali membangkitkan budaya yang saya nilai saat ini sudah tergerus oleh zaman," tuturnya.

Berikut beberapa lantunan puisi yang dikumandangkan untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November.

Pahlawan Tak Dianggap, karya Nini Kyoto, yang dibacakan oleh Nayshiffa Astina Brillianty.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Bayu D Aditama
Editor: Redaksi

Baca Juga