Sekilas Info

Waketum Partai Gelora Sebut Kinerja Kejagung Terbaik Dibanding KPK dan Polri

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menyebut kinerja Kejaksaan Agung (Kejagung) dinilai yang terbaik dibandingkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri.

Menurut Fahri tolok ukur tersebut adalah Kejagung telah menyelamatkan uang negara hingga puluhan triliun rupiah.

"Kejagung menyelamatkan uang negara sebesar Rp26,1 Triliun, sementara Polri Rp388 Miliar dan KPK sebesar Rp331 Miliar," kata Fahri Hamzah melalui keterangan tertulisnya, Selasa (28/9/2021).

Menurut Fahri efektif tidaknya pemberantasan korupsi bisa dikaitkan langsung seberapa besar jumlah pengembalian kerugian negara. Apabila pemberantasan korupsi diberi makna lain seperti kampanye dan lain-lainnya, maka itu dinilai tidak ada manfaatnya.

"Bagi rakyat kita, memerlukan tindakan penegakan hukum yang punya efek pengembalian kerugian keuangan negara dan sekarang KPK juga sudah mulai berorientasi pada pengembalian kerugian negara atau yang disebut sebagai pemulihan aset," kata Fahri.

Baca juga: Hadapi Perang Supremasi AS-China di LCS, Ini Saran Anis Matta

Baca juga: MIPI Dorong Peningkatan Smart Voter dalam Pemilu dan Pilkada 2024

Dengan jelas, Fahri menilai bahwa kinerja Kejagung paling efektif dalam pemberantasan korupsi, dimana jumlah pengembalian negaranya jauh di atas dua lembaga penegak hukum lainnya.

"Jika didefinisikan secara langsung maka lembaga yang paling banyak pengembalian negaranya saya anggap sebagai lembaga yang berfungsi performanya paling baik," ujarnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Dwinanto
Editor:Redaksi
Photographer:Istimewa

Baca Juga