Sekilas Info

Polres Alor Razia Ketersediaan Obat dan Vitamin

Tim Polres Alor saat menggelar razia ketersediaan dan harga Obat dan Vitamin pada salah satu Apotik di Kalabahi, Alor, Nusa Tenggara Timur, Selasa (6/7/2021).

Berikut jenis obat dan vitamin yang diperiksa petugas Sat Reskrim dan Narkoba Polres Alor, diantaranya Favipiravir, Remdesivir, Oseitamivir, Intravenous Immunoglobin, Tucilizumab, Azithromycin, Kina, Enervon C, Vitalong C, Vitalife, Ester C, dan Hevit C 43.

Sementara Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas menyebutkan, Tim Polres Alor juga melakukan pemeriksaan di sejumlah toko yang menjual tabung oksigen dan melakukan pengecekan oksigen di sejumlah fasilitas kesehatan baik di RSD Kalabahi serta beberapa puskesmas di wilayah Kabupaten Alor.

"Untuk ketersediaan oksigen di RSD kalabahi adalah sebanyak 180 tabung isi oksigen dengan rata-rata penggunaan per hari adalah delapan tabung, dan memiliki kompresor pengisian tabung dalam kondisi baik dan siap pakai. 23 tabung diantaranya dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan oksigen di IGD khusus COVID-19," kata Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas, Selasa (6/7/2021) siang.

Jenis obat yang saat ini dikejar warga untuk menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari serangan virus COVID-19

Agustinus menambahkan, Polres Alor secara terus secara berkala melakukan razia, apabila pihaknya memperoleh informasi dari masyarakat tentang adanya perbuatan oknum tenaga medis atau penyedia jasa kesehatan yang memanfaatkan situasi pandemi COVID-19, Polres alor akan menindak tegas para pelaku.

"Tentunya untuk dapat memantau ini perlu adanya keterpaduan semua pihak sehingga pencegahan terhadap kemungkinan melonjaknya harga obat dan vitamin dapat dihindari, serta ketersediaan oksigen di kabupaten Alor untuk perawatan pasien COVID-19 di Alor dapat terus terjaga," ujarnya.

"Masyarakat tidak perlu panik membeli obat dan vitamin yang belum tentu dibutuhkan, konsultasi saja dengan tenaga kesehatan. Jaga imun tubuh dengan makanan bergizi dan vitamin secukupnya serta disiplin prokes ketat sudah sangat membantu dalam penanganan covid," imbuh AKBP Agustinus Christmas.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Davidson Y Karmoy
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga