Sekilas Info

Sebulan Lebih Badai Seroja Berlalu, Bantuan untuk Warga Sabu Raijua Tak Kunjung Datang

Rumah rusak di Sabu Raijua hingga kini belum diperbaiki pemerintah/Benyamin Ludji Riwu
Rumah rusak di Sabu Raijua hingga kini belum diperbaiki pemerintah/Benyamin Ludji Riwu

Sabu Raijua- Sudah sebulan lebih peristiwa Badai Seroja yang melanda NTT hingga saat ini masih menyisakan pilu bagi masyarakat Kabupaten Sabu Raijua khususnya. Badai memang telah berlalu, namun masyarakatnya masih ditelantarkan.

Bagaimana tidak, hampir 70 persen bangunan rusak, baik itu rusak ringan hingga rusak berat. Tidak sedikit juga keluarga yang kehilangan tempat tinggal mereka karena rumah yang mereka tempati rata dengan tanah.

Hingga sekarang ini Pemda Sabu Raijua dinilai tutup mata, seolah-olah tidak mempedulikan penderitaan rakyatnya. Banyak masyarakat mengeluh karena hingga saat ini tidak ada satupun bantuan yang diberikan oleh pemerintah bagi mereka.

Baik itu sembako maupun bahan bangunan untuk tempat tinggal mereka. Para anggota DPRD sebagai perwakilan rakyat juga bungkam mengenai persoalan ini.

Rumah rusak akibat badai Seroja di Sabu Raijua hingga kini belum diperbaiki pemerintah | Foto. Benyamin Ludji Riwu

Kepada dailyklik.id, seorang staf salah satu kecamatan yang ada di Sabu Raijua yang tidak mau disebutkan namanya mengungkapkan bahwa Pemerintah daerah dalam hal ini Bupati hingga DPRD tidak berguna.

"Bagi saya, mereka sama sekali tidak berguna! masyarakat sudah susah, rumah-rumah mereka juga sudah rusak namun tidak ada pergerakan sama sekali dari Pemda maupun DPRD. Mereka hanya mendata kerusakan saja setelah itu hilang," ungkapnya.

"Pendataan juga masih tidak adil. Yang memiliki hubungan kekeluargaan sekalipun rumah rusak ringan tetap dibilang rusak berat. Sedangkan yang rusak berat, karena bukan keluarganya, didata sebagai rusak ringan," tuturnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Benyamin Ludji Riwu
Editor: redaksi
Photographer: Benyamin Ludji Riwu

Baca Juga