Sekilas Info

Pintor Nasution: Berdasarkan Survei, Generasi Milenial Boros Belanja

Berdasarkan hasil survey GoBankingRates, sebuah lembaga keuangan global yang berkedudukan di AS, generasi milenial lebih boros ketimbang kelompok generasi lainnya.

Lalu, apa bedanya menabung ala orangtua zaman dahulu dengan dengan investasi saat ini? Pintor mengatakan, kalau dulu bunga tabungan masih memadai untuk mengatasi kenaikan harga barang dan jasa yang tidak selaju saat ini.

"Sementara itu, bagi masyarakat Indonesia yang sebagian besar merupakan warga negara konsumen, tingkat inflasi kenaikan barang pada jangka panjang akan melampaui tingkat suku bunga jika menabung di bank saja," ujar Pintor Nasution.

Terlebih lagi, kata dia, semakin lama dan semakin maju sebuah negara, tingkat suku bunga akan mengecil. Selain itu, ternyata kenaikan pendapatan secara umum belum tentu dapat mengungguli kenaikan harga barang.

"Jadi, cara yang paling ideal untuk mempersiapkan kebutuhan di masa depan adalah dengan membagi porsi yang optimal dari dana yang disisihkan di luar kebutuhan pokok untuk berinvestasi," kata Pintor.

Pintor mengingatkan, investasi selayaknya bukan ditujukan untuk jangka pendek. Bukan investasi sekarang dan nikmati hasilnya satu minggu, satu bulan, atau satu tahun, melainkan idealnya investasi dilakukan untuk kebutuhan sepuluh, dua puluh, atau tiga puluh tahun ke depan.

"Nah, salah satu pilihan investasi jangka panjang yang memberi potensi return terbesar adalah dengan membeli saham di pasar modal," tegas Pintor Nasution.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Hendrik Hutabarat
Editor: Redaksi
Photographer: GoBangkingRates

Baca Juga