Sekilas Info

Sudah Saatnya Pemko Medan Bangun Perusahaan Air Bersih Sendiri

Mantan anggota DPRD Sumut periode 1999 - 2009, Efendy Naibaho/Sipa Munthe
Mantan anggota DPRD Sumut periode 1999 - 2009, Efendy Naibaho/Sipa Munthe

Medan - Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, diharapkan dapat membangun sebuah Perusahaan Daerah Air Bersih menggantikan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi yang dinilai tidak mampu memberikan pelayanan dalam pemenuhan terhadap kebutuhan air bersih layak konsumsi kepada warga Kota Medan.

Harapan itu disampaikan Efendy Naibaho, kepada media, di Medan, Selasa (04/05), terkait banyaknya keluhan warga Kota Medan dan sekitarnya, atas buruknya pelayanan ketersediaan air bersih yang diberikan PDAM Tirtanadi.

Dikatakan mantan anggota DPRD Sumut periode 1999 - 2009 dari PDI Perjuangan itu, sangat wajar bila Pemerintah Kota (Pemko) Medan memiliki sebuah perusahaan daerah yang mengurusi kebutuhan air bersih untuk warga Medan.

"Mayoritas warga Kota Medan adalah konsumen Tirtanadi. Jadi wajar dong kalau Pemko Medan membangun sebuah perusahaan untuk mengurusi kebutuhan air bersih warganya. Sebab, Tirtanadi sebagai perusahaan milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, tidak mampu memenuhi kebutuhan itu. Dan keluhan - keluhan warga yang menjadi konsumennya, tak mampu diselesaikannya," terangnya.

Terkait sumber air yang nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dia mengatakan dari sungai- sungai yang melintasi Kota Medan.

"Dan soal pengolahannya hingga layak dikonsumsi, itu menjadi urusan tehnis dari para insinyur yang paham mengenai hal itu," ucapnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Sipa Munthe
Editor: redaksi
Photographer: Sipa Munthe

Baca Juga