Sekilas Info

Pemkot Ternate Kedatangan Tim Peneliti dari Mabes TNI

Asisten III kota Ternate Tamrin Alwi

Ternate - Pemerintah Kota Ternate kedatangan Tim dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (PUSTERAD) Mabes TNI di kantor Walikota Ternate, Kamis, (6/8/2020). Kedatangan Tim PUSTERAD Mabes TNI ini, dalam rangka melakukan penelitian terkait implementasi pelaksanaan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengembangan Sumberdaya Nasional.

"Selain itu, kedatangannya (Tim PUSTERAD) juga melakukan sinergisitas antara Kodim dan Pemda, karena ini menjadi agenda  (TNI) mereka. Sehingga di dalam pelaksanaan implementasi selama ini tinggal dilakukan kordinasi dan wawancara dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti Kesbang, Bappeda, PUPR, Satpol PP dan Asisten l, ll dan III," kata Asisten III kota Ternate Tamrin Alwi di Kantor Wali Kota Ternate.

Tamrin menjelaskan, pertemuan tersebut dalam rangka kordinasi sejauh mana antara Kodim yang ada di daerah dan pemerintah daerah setempat. Secara keseluruhan hubungan kordinasi Pemda selama ini cukup bagus, sehingga menjadi referensi buat TNI dalam pelaksanaan penelitian.

Dan implementasinya kata Tamrin, sudah di lakukan oleh unsur TNI dalam sinergisitas. Ia mencontohkan seperti pada saat daerah sedang mendapatkan, missal bencana non alam seperti Covid-19, dimana ada keterlibatan unsur TNI dalam elemen Tim Gugus Tugas.

"Teman-teman wartawan bisa lihat sendiri, TNI sangatlah membantu pemerintah daerah dalam mengahadapi masalah yang ada di setiap daerah," tandasnya.

Penulis: Ikhsan Togol
Editor: Redaksi
Photographer: Ikhsan

Baca Juga