Sekilas Info

Perdana, Kepala Desa Maru di NTT Gagas Upacara Bulan Kemerdekaan RI

Para Kepala Desa se-Kecamatan Pulau Pura, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) berfoto bersama Camat Pulau Pura usai melaksanakan Upacara Bulan Kemerdekaan RI di Apuri, Desa Maru, Kecamatan Pulau Pura, Kabupaten Alor, Sabtu (1/8/2020).

Alor – Masyarakat Desa Maru, Kecamatan Pulau Pura, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Upacara Bulan Kemerdekaan memperingati Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-75 di Apuri, Desa Maru, Sabtu (1/8/2020).

Upacara ini digagas sang Kepala Desa (Kades) Maru Petrus Manikita. Dan ini baru pertama kali warga menggelar upacara Bulan Kemerdekaan untuk memperingati Dirgahayu Kemerdekaan RI.

Selain itu warga Pulau Pura juga bakal menggelar upacara memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 di puncak Gunung Maru. Berbagai persiapan mulai dipersiapkan warga bersama unsur perangkat desa.

Gunung Maru merupakan gunung tertinggi yang terdapat di gugusan Pulau Pura, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Rencana itu disampaikan Camat Pulau Pura, Kabupaten Alor, Baktir Kou kepada Daily Klik, usai memimpin upacara Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 yang dihadiri warga bersama unsur Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta para Kepala Desa se-Kecamatan Pulau Pura di Apuri, Desa Maru, Sabtu (1/8/2020).

Baktir membeberkan upacara Bulan Kemerdekaan ini baru pertama kali dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Pulau Pura. Dan ini atas gagasan Kepala Desa Maru Petrus Manikita untuk melestarikan potensi yang dimiliki Pulau Pura,

"Ini (upacara) digagas oleh Kepala Desa Maru Petrus Manikita", ujar Camat Pulau Pura.

Kegiatan bertemakan "Kembali ke kampung Menggali Potensi yang Ditinggalkan oleh Leluhur,” ini bertujuan untuk memupuk sejarah perjuangan para pejuang Bangsa yang terdahulu.

“Sekaligus menanamkan nilai-nilai luhur para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”tuturnya Baktir Kou.

Baktir juga berpesan tiga hal kepada masyarakat Pulau Pura agar tidak melupakan sejarah yang telah diukir para pendahulu bangsa.

"Yang pertama, sebagai warga negara yang baik kita harus mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” pesan Camat Pulau Pura.

Kedua sebagai penerus bangsa, mantan Camat Pantar ini mengajak masyarakatnya agar mengisi kemerdekaan dengan kerja nyata dalam berbagai lini pembangunan demi Indonesia Maju.

Ketiga dia menegaskan, bahwa dirinya bersama warga Pulau Pura berkomitmen serta tetap menjaga Keutuhan NKRI.

Gelar Peringatan Kemerdekaan RI di Kawah Gunung Maru

Sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang kemerdekaan, warga Kecamatan Pulau Pura akan menggelar berbagai acara untuk memperingati HUT RI ke-75. Pemerintah kecamatan memastikan upacara kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020 nanti akan digelar di kawah gunung Maru.

"Ada beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu Penanaman 1000 pohon anak di kawah gunung Maru, Lomba Panjat pinang, Ritual Angkat Mesba, pemberian prasasti, serta syukuran kemerdekaan RI dan Lego-lego (tarian) massal (di kawah Gunung Maru)", ungkap Camat Pulau Pura.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Maru, Kecamatan Pulau Pura Petrus Manikita, kepada Daily Klik mengaku puas atas respon positif Camat Pulau Pura, serta dukungan warga Desa Maru sehingga upacara bulan kemerdekaan Republik Indonesia ini dapat terlaksana dengan lancar.

"Ide gagasan ini lahir karena kami berpikir dengan adanya nilai-nilai budaya, saya ingin meningkatkan kreativitas masyarakat melalui (semboyan) ‘tenaang elii mule noa tominu tahanu la mutu imangbal’ (yang berarti marilah kita tetap menjaga dan memelihara (kemerdekaan) ini dengan gotong royong dan toleransi antar umat beragama,” kata Petrus Manikita.

Penulis: Markus Kari
Editor: Redaksi
Photographer: Ist

Baca Juga