Sekilas Info

Bawa Puluhan Ribu Turis, 28 Kapal Pesiar Masuk ke Indonesia Sepanjang 2024

Penyambutan turis yang turun dari kapal pesiar. (Dok. Humas SPMT)

Dailyklik.id, MEDAN - PT Pelindo Multi Terminal, atau SPMT, mencatat sebanyak 28 kapal pesiar masuk ke wilayah Indonesia sepanjang 2024. Kapal-kapal tersebut masuk melalui tiga pelabuhan dengan membawa total puluhan ribu turis.

Sekretaris Perusahaan SPMT Fiona Sari Utami, Rabu (1/5), mengungkapkan, SPMT telah melayani 28 kapal pesiar yang bersandar di tiga terminal penumpang di bawah kelolaannya, sampai dengan April 2024. Ketiga terminal itu berada di Pelabuhan Tanjung Emas (Jawa Tengah), Pelabuhan Gilimas (Nusa Tenggara Barat) dan Pelabuhan Nusantara Parepare (Sulawesi Selatan).

Dari jumlah itu, sebanyak 13 kapal bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas. Kapal-kapal pesiar yang bersandar di pelabuhan ini berlayar dari beberapa pelabuhan lain di Indonesia dengan membawa 10.392 orang wisatawan asing.

Setelah turun dari kapal, para turis disambut dengan kesenian tradisional dan para penjual souvenir khas daerah. Mereka kemudian berwisata ke berbagai objek bersejarah di Jawa Tengah, seperti Candi Borobudur, Gedong Songo, Ambarawa, dan city tour mengelilingi Kota Semarang.

Adapun jumlah pesiar yang bersandar di Pelabuhan Gilimas sebanyak 14 kapal dengan membawa total 45.548 orang wisatawan asing. Dari pelabuhan, para turis kemudian berwisata seperti ke Taman Narmada, Pantai Senggigi atau mengunjungi pengrajin gerabah.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Yoseph Pencawan

Baca Juga