Sekilas Info

Innovation Day Medan 2024

Schneider Electric Pimpin Transformasi Digital dalam Pengelolaan Energi dan Otomasi

Roberto Rossi, Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste (paling kiri), Martin Setiawan, Industry Business Vice President Schneider Electric Indonesia (paling kanan), dan Dwi Puji Laksono, Direktur Operasional Anak Teknik Indonesia (kedua dari kanan) sedang menunjukkan salah satu teknologi yang ditampilkan pada Innovation Day Medan 2024, yaitu Lexium Collaborative Robot (Cobot). Lexium Cobot ini merupakan robot kolaboratif yang sangat efisien, fleksibel, mudah diintegrasikan dalam ekosistem yang kompleks dan didesain untuk melakukan pekerjaan kolaboratif bersama manusia.

Medan - Schneider Electric, pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi, menggelar acara Innovation Day Medan 2024 yang berlangsung di Hotel JW Marriot, Selasa 5 Feberuari 2024. Event ini menampilkan beragam solusi digital dan otomasi yang dapat mendukung akselerasi pengembangan kota dan industri hijau di Medan dan Sumatera Utara.

Momentum ini Schneider Electric juga mengumumkan kerjasama strategis dengan Anak Teknik Indonesia, INKINDO DPP Sumatera Utara dan AKLI DPD Sumatera Utara dalam pengembangan kompetensi SDM digital.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari inisiatif Impact Maker Schneider Electric dimana perusahaan mengajak customer, mitra, komunitas, dan pemangku kebijakan untuk mengakselerasi aksi iklim, mengubah ambisi menjadi aksi dalam kaitan otomasi, elektrifikasi, dan digitalisasi.


BACA JUGA
Indonesia Mampu Hadapi Kontraksi Ekonomi Dunia, Analis: Kuncinya Fokus Energi Terbarukan dan Investasi Sesuai Profil Risiko


Innovation Day Medan ditujukan untuk berbagi trend teknologi terbaru, wawasan dan pengalaman Schneider Electric dalam membantu sektor bisnis di Medan dalam mentransformasi bisnis dan operasional menjadi lebih cerdas, dan sustainable.

Acara ini menghadirkan para pemimpin industri sebagai pembicara, dan menampilkan beragam solusi digital dan otomasi terintegrasi, antara lain solusi otomasi operasional berlandaskan software centric automation, sistem robotik kolaboratif, sistem manajemen bangunan cerdas hingga pengelolaan data berbasis edge computing yang lebih lincah, andal dan sustainable.

Bagi Schneider Electric, Kota Medan sebagai pintu gerbang perdagangan dan industri di wilayah Indonesia bagian barat, dan juga merupakan penyumbang perekonomian terbesar di Sumatera Utara, dimana sektor konstruksi dan bangunan, serta industri pengolahan menjadi penopang ekonomi wilayah ini. Kota ini juga terus mengembangkan konsep green dan smart city, dan menjadi satu dari tiga kota di Indonesia yang masuk dalam indeks Smart City Index (SCI) 2023.


BACA JUGA
Tawarkan Solusi Pembelajaran Seluler, ‘TouchClass’ Diminati Pebisnis dan Institusi


Sebagai salah satu pusat perekonomian utama di Indonesia, Kota Medan memiliki peranan strategis dalam mendukung terwujudnya target Net Zero Emission nasional di 2060. Manajemen bangunan dan kawasan industri membutuhkan pengelolaan yang terintegrasi, efektif, andal, tangguh dan sustainable. Hal ini dapat diwujudkan dengan digitalisasi, elektrifikasi, pemanfaatan teknologi otomasi dan transisi energi bersih.

Schneider Electric
Building Business Vice President Schneider Electric Indonesia, Reza Syarif tengah berbincang-bincang dengan Martin Setiawan, Industry Business Vice President Schneider Electric Indonesia dan Roberto Rossi, Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste di salah satu solusi smart panel milik Schneider Electric yang ditampilkan pada Innovation Day Medan 2024.

Martin Setiawan mengatakan...

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Devis Karmoy

Baca Juga