Sekilas Info

Bupati Taput Pimpin Rakernas Apkasi Bahas Kewenangan Daerah di Sektor Minerba

Bupati Taput Pimpin Rakernas Apkasi Bahas Kewenangan Daerah di Sektor Minerba.

dailyklik, Taput - Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan bertindak selaku Ketua Bidang Pemerintahan dan Pendayagunaan Aparatur memimpin Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke XIV di Sekretariat Apkasi, Gedung Sahid Sudirman Center Lantai 21, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (08/07/2022).

Rapat yang dipimpin Nikson merupakan tindak lanjut pembahasan rapat sebelumnya tentang dampak negatif pengalihan kewenangan di bidang Mineral dan Batubara (Minerba) ke Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, yang dilaksanakan pada Sabtu (18/6/2022) lalu di Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Di HUT Bhayangkara, Polres Taput Terima 4 Sertifikat dari BPN

Pada rapat tersebut terungkap dampak negatif yang ditimbulkan dengan tidak diberinya kewenangan di bidang Minerba kepada Pemerintah Kabupaten/Kota antara lain, bertambahnya beban Pemerintah Kabupaten dalam menanggulangi
dampak negatif dari pertambangan mineral dan batubara.

Rapat yang turut dihadiri oleh Penasehat Apkasi Prof M Ryaas Rasyid dan Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang ini, terungkap tidak adanya kewenangan Pemkab dalam menerbitkan izin pertambangan dan mineral.

Baca juga: PPSLB Sepakat Bangun Monumen Raja Lumbantobing di Tarutung

Akibatnya Pemkab kesulitan berperan dalam melakukan pencegahan tambang ilegal yang bermunculan di daerah, yang telah merusak ekosistem. Bahkan Pemkab juga kesulitan termasuk mengontrol wilayah pertambangan yang ada di daerah masing masing.

Rakernas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke XIV ini juga dihadiri Anggota Komite Pemantau Pelaksana Otonomi Daerah (KPPOD) Herman N Suparman, Bupati Bone Bolango Hanim Pou, serta unsur perwakilan Pemerintah Daerah.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan memimpin Rakernas Apkasi Bidang Pemerintahan dan Pendayagunaan Aparatur pada Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke XIV di Sekretariat Apkasi, Gedung Sahid Sudirman Center Lantai 21.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi

Baca Juga