Sekilas Info

Bakal Didanai World Bank, Pelabuhan Peti Kemas Moru Difungsikan Sementara sebagai Pelabuhan Penumpang

Pelabuhan Peti Kemas Moru, Alor, NTT sepi dari aktivitas bongkar muat.

Alor - Polemik terkait tidak berfungsinya Pelabuhan Peti Kemas Moru, Kecamatan Alor Barat Daya (Abad), Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dibangun menggunakan dana APBN akhirnya segera berlalu.

Pemerintah Kabupaten Alor kini tengah menyiapkan Pelabuhan Peti Moru untuk dialihfungsikan menjadi Pelabuhan Penumpang. Hal ini sebagaimana tertuang dalam surat undangan Camat Abad Yapi Nikodas Hinglir yang diperoleh redaksi dailyklik, Selasa (19/4/2022) siang.

Undangan yang ditujukan kepada para stakeholders terkait guna menghadiri pertemuan sebagai tindakjut dari pertemuan sebelumnya yang berlangsung di Dinas Perhubungan Kabupaten Alor pada 29 Maret 2022 lalu, yang dihadiri unsur Tripika Kecamatan Abad dan Kadis Perhubungan Kabupaten Alor.

"Salah satu kesepakatannya meminta kepada Camat Alor Barat Daya (Abad) untuk melakukan pra kondisi terkait kesiapan secara kewilayahan untuk pengalihan Pelabuhan Peti Kemas Moru menjadi Pelabuhan Penumpang," bunyi isi undangan tersebut.

Pertemuan yang berlangsung di Aula Kantor Camat Abad pada Selasa (19/4/2022) pagi ini, beragendakan Persiapan Pengoperasian Pelabuhan Peti Kemas Moru menjadi pelabuhan penumpang.

Camat Abad Yapi Nikodas Hinglir melalui surat tersebut menyebutkan bahwa pertemuan ini penting guna mendorong pertumbuhan ekonomi di Alor Barat Daya.

"Pertemuan ini untuk mendorong pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah kecamatan Alor Barat Daya," tegas Camat Abad.

Sementara Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Alor Denny Lalitan yang turut hadir kepada dailyklik menyebut bahwa para stakeholders yang hadir sepakat terjadi pengalihan pelabuhan Peti Kemas menjadi pelabuhan penumpang.

"Semua sepakat dan dilakukan persiapan-persiapan dari fasilitas pelabuhan sampai pengamanan," sebut Denny.

Beroperasi Mei 2022

Camat Abad Yapi Nikodas Hinglir, Kapolsek Moru dan Kadis Perhubungan Kabupaten Alor Josep Malaikosa (kanan) saat menggelar Rapat di Aula Kantor Camat Abad, Selasa (19/4/2022) pagi.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Devis/Niko Bekamau
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga