Sekilas Info

Gubernur Bawa Tanah dan Air Dalam Kendi saat Kemah di IKN Bersama Jokowi, Ini Maknanya

Sebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Penajam Paser Utara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Selain itu, berkemah di titik nol mulai Minggu, 13 Maret 2022.

Kemudian pada Senin (14/3/2022) tanah dan air yang dibawa para gubernur akan digunakan dalam ritual adat dengan menuangkannya ke dalam Kendi Nusantara, wadah besar yang terbuat dari tembaga.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengungkapkan simbol tanah dan air yang dibawa oleh para gubernur ke IKN melambangkan kebersamaan.

Hal itu disampaikan Mahfud saat memberikan sambutan pada acara Ramah Tamah Gubernur dan Forkopimda Provinsi Bengkulu, di Balai Semarak, sekaligus menjadi saksi penyerahan tanah dan air oleh Ketua Badan Masyarakat Adat Bengkulu kepada Gubernur Bengkulu.

"Dari Bengkulu, dari Papua Barat, dari Papua, dari Kalimantan, dari Sumatera Barat, Aceh, semua berkumpul di sana," kata Mahfud yang ditulis, Selasa (15/3/2022).

Mahfud mengajak masyarakat untuk menjaga tanah air Indonesia. Sebab terdapat keberagaman di dalamnya. Menurut Mahfud, dua kilogram tanah dan satu liter air yang akan dibawa oleh masing-masing gubernur untuk dimasukkan ke dalam Kendi Nusantara sudah mewakili seluruh suku dan agama di masing-masing provinsi.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Antara

Baca Juga