Sekilas Info

Pengembangan Vaksin Covid-19 di Dunia, Indonesia Menginvestasikan 5 Juta Dollar AS

vaksin covid-19 ilustrasi.

Jakarta - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia menginvestasikan 5 juta dollar AS untuk membiayai penanganan pandemi COVID-19 di dunia melalui pengembangan vaksin dalam peran sebagai Presiden Forum G20.

Budi Gunadi Sadikin mengatakan investasi pengembangan vaksin COVID-19 tersebut dikelola oleh Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (Coalition for Epidemic Preparedness Innovations/CEPI) sebagai koalisi pemerintah dan swasta yang bertujuan mempercepat pengembangan vaksin.

Selain peran CEPI yang berkantor pusat di Norwegia, kata Budi, investasi Indonesia juga didukung peran Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta UNICEF.

"Berkat CEPI, GAVI, WHO dan UNICEF, kami berhasil mengirimkan lebih dari 353 juta vaksin ke lebih dari 192 juta orang Indonesia dalam 13 bulan," kata Budi saat berpidato di Global Pandemic Preparedness Summit Oslo, Norwegia, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Menurut Budi, investasi tersebut sejalan dengan semangat yang diusung Indonesia untuk menciptakan arsitektur kesehatan global serta dukungan pembiayaan pandemi, khususnya bagi negara berpenghasilan rendah dan menengah.

"Itu sebabnya kami percaya bahwa kami harus bekerja sama, dan Indonesia siap berkomitmen pada CEPI. Komitmen kami untuk kebaikan yang lebih besar, untuk tidak meninggalkan siapa pun, dan untuk lebih mempersiapkan dunia melawan pandemi berikutnya dimulai dari sekarang," jelasnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Ilustrasi

Baca Juga