Sekilas Info

PM Senang Hati Bermuatan BBM Terbakar di Pelabuhan Dulionong

PM Senang Hati yang terbakar di laut Teluk Mutiara, Alor, Nusa Tenggara Timur
PM Senang Hati yang terbakar di laut Teluk Mutiara, Alor, Nusa Tenggara Timur
Alor - Sebuah perahu motor penyebrangan antar pulau Kapal Muat Penumpang (PM) Senang Hati tujuan pelabuhan Dulionong Kalabahi - Marica pulau Pantar, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami kebakaran saat masih berada di pelabuhan Dulionong Kalabahi.

Akibat kebakaran ini, seluruh barang muatan yang terdapat di dalam perahu motor ikut hangus terbakar, termasuk muatan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang telah berada diatas kapal naas tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sejumlah saksi mata yang berada di pelabuhan Dulionong Kalabahi, menyebutkan bahwa sebelum api membakar PM Senang Hati, beberapa unit mobil truk serta pic up bermuatan BBM Pertalite yang terisi didalam jirgen berkuruan 25 dan 30 liter terlebih dulu masuk ke pelabuhan Dulionong.

BBM eceran tersebut, kata sumber, hendak dikirim ke ke Marica di pulau Pantar menggunakan KM Senang Hati yang telah terbakar.

"Sayangnya ketika 40 jirgen BBM Pertalite itu sudah di muat dalam palka perahu motor itu (PM Senang Hati) terlebih dahulu mengalami kebakaran, termasuk sejumlah jirgen berisi BBM yang sudah ada di dalam palka perahu motor," ujar sumber media ini yang berada di lokasi saat api membakar KM Senang Hati pada Jumat (17/12/2021) sore itu.

Sumber media ini juga membenarkan bahwa, memang ada upaya pemadaman namun mobil dan tim pemadam kebakaran baru tiba di lokasi setelah isi muatan perahu motor itu habis terbakar.

Namun empat orang termasuk seorang warga, anak buah dan juragan kapal harus dilarikan ke RSU Alor karena terkena lidah api.

Beruntung salah seorang anak buah kapal terlebih dahulu memutus tali pendarat kapal naas itu, sehingga lidah api tidak menyambar ke perahu lain yang tengah bersandar di pelabuhan Dulionong.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Nataliawan Kamaleng
Editor: Redaksi

Baca Juga