Sekilas Info

Berkunjung ke Sigapiton, Dirut BPODT Dapat Dukungan Pembangunan TCR

Dirut Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Bernando Panjaitan (kedua dari kiri) saat menemui warga Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Kamis (23/9/2021).

Toba - Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Bernando Panjaitan terus berupaya mewujudkan percepatan pelaksanaan program dan kegiatan BPODT, salah satunya dengan membangun komunikasi dan menyerap aspirasi masyarakat secara langsung dari masyarakat.

Hal itu di wujudkan Jimmy dengan melakukan kunjungan kerja bersama rombongan ke Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Kamis (23/09/21), guna menemui penduduk setempat.

Kepada warga, Jimmy yang baru dilantik sebagai Dirut BPODT pada 29 Maret 2021 lalu itu, menjelaskan bahwa BPODT didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2016 sebagai satuan kerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Bapekraf) RI dengan tugas fungsi kordinasi di delapan kabupaten se Kawasan Danau Toba dan fungsi Otoritatif di Kawasan Toba Caldera Resort (TCR) diatas lahan seluas 386.72 hektare.

Kawasan TCR, sebut Jimmy, sudah berdiri Tourist Information Center (TIC) dan akomodasi hotel Bobocabin dengan konsep ekowisata dengan digitalisasi Internet of Thing (IoF). Saat ini sedang berlangsung pembangunan gedung Kantor BPODT, pagar kawasan dan parking Hub serta akan dibangun fasilitas akomodasi bertaraf internasional.

Baca juga: Bertemu Kadispar Tapsel, Manager Torshibohi Hotel Bahas Smart Digital Information

Baca juga: Hadapi Era Adaptasi Baru, Kemanayo Hadirkan Perencanaan Perjalanan Wisata Hingga Mancanegara

Serta sarana ibadah, glass bridge, cable car, UMKM center, cultural center, green house arboretum, tourism academy, klinik dan fasilitas lainnya dengan potensi investasi puluhan triliun yang menyerap tenaga kerja sekitar 30.000 orang.

"Kami terus berupaya dan berkomitmen untuk berkordinasi dengan pihak terkait untuk mendorong pembangunan dermaga di Sigapiton yang pada hari ini telah dilaksanakan peletakan batu pertama, serta rencana pembangunan jalan dari kaldera ke Sigapiton serta fasilitas pembangunan lainnya," jelas Jimmy Panjaitan dalam keterangannya yang diterima dailyklik, Jumat (24/9/2021).

Lanjut Jimmy Panjaitan, tentu saja BPODT tidak bisa bekerja sendirian karena itu pihaknya berharap dukungan dari berbagai pihak termasuk masyarakat Sigapiton yang sangat bersentuhan dan berbatasan langsung dengan Kawasan TCR dan manfaatnya langsung akan dirasakan.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga