Sekilas Info

Petani Desa Liang Muda Mulai Belajar Memanfaatkan Teknologi Informasi

ilustrasi desa terkoneksi jaringan internet.

Deli Serdang - Sejumlah kelompok tani yang tergabung dalam BUMdes Desa Liang Muda mulai tertarik untuk belajar tentang teknologi informasi sebagai media pemasaran produk pertanian mereka.

Sebab, dengan hadirnya sarana teknologi informasi, maka mereka bisa dengan mudah menjual hasil pertanian di pasaran.

"Kami tentunya sangat senang sekali. Karena dengan hadirnya adik-adik mahasiswa di desa kami ini maka para petani disini bisa belajar banyak mengenai teknologi informasi yang dapat memudahkan mereka menjual hasil pertanian," kata Kades Liang Muda, Martinius Barus saat menerima kunjungan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM USU) di desa mereka, Sabtu (18/9/2021).

Hal itu turut dibenarkan oleh Ketua LPPM USU, Dr Syahril Efendi. Beliau menyebut, teknologi informasi telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia saat ini.

"Terutama di bidang ekonomi. Terjadi pergeseran pola pada proses bisnis yang saat ini marak dilakukan secara online," ungkapnya.

“Teknologi informasi juga merambah tidak hanya pada perusahaan swasta, tapi juga di pemerintahan, mulai dari pemerintahan pusat sampai desa. Satu di antaranya digunakan untuk manajemen informasi usaha-usaha yang dimiliki oleh desa, dalam bentuk BUMDes,” imbuh Syahril.

Program Pengabdian Mono Tahun Reguler LPPM USU dari Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) USU ini, diketuai Dr Syahril Efendi, bersama Fauzan Nurahmadi, Fahrurrozi Lubis dan Marischa Elveny masing masing sebagai anggota.

Sasaran program tahun ini lebih kepada edukasi, fasilitator, serta memberikan pelatihan kepada Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Liang Muda.

Penulis: Devis/Bayu
Editor: Redaksi
Photographer: Ilustrasi

Baca Juga