Sekilas Info

Perjalanan 7 Tahun Memimpin, Taput Merdeka Hampir Tergenapi

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, M.Si

Catatan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, M.Si

Perjalanan Luar Biasa, jatuh bangun bahkan kadang tertatih, saya berusaha menyusuri daerah daerah terisolir di Taput.

Infrastruktur sebagai kunci menuju kemakmuran sebuah daerah, membuat saya prioritaskan pembangunan jalan jembatan dan pembukaan jalan jalan pertanian.

Dari tahun 2014 hingga 2020 lahan lahan tidur digarap secara gratis menjadi lahan lahan produktif seluas 3.948 hektar.

Jalan dan jembatan dibangun, daerah terisolir terbuka akses dan terkoneksi antar desa, antar kecamatan bahkan antar Kabupaten. Pembangunan jalan hotmix sepanjang 289,45 km. Lapen 321,80, rabat beton 567,34, Telford 882,37 dan jembatan sebanyak 81 unit.

Kolam kolam ikan dicetak seluas 557.171 m2, bantuan benih ikan sebanyak 4.495.820 benih diberikan kepada masyarakat. Produksi ikan bisa bertumbuh dengan total 12.514,45 ton.

Seluruh Tapanuli Utara hingga pelosok sudah terang benderang. Pada akhir tahun 2021 semua akan tuntas. Untuk yang baru baru ini saya kunjungi, pembangunan tiang listrik di Dusun Parik Kecamatan Parmonangan yang merupakan usulan super prioritas beberapa sudah selesai dikerjakan.

Baca juga: Miliki Tanaman Kentang  Varietas Unggul, Nikson: Ini Terobosan Petani!

Adapun beberapa Desa/Dusun yang akan saya resmikan dalam waktu dekat, yakni Desa Rura julu dolok dan Desa Rura Julu Toruan Kecamatan Sipoholon, Dusun Lobu Tape dan Dusun Longat Kecamatan Pahae julu, Dusun Hutaginjang Kecamatan Muara, Dusun Lumbantobing dan Dusun Parik Kecamatan Parmonangan dan Dusun Aek Matio, Kecamatan Adiankoting.

Saat ini, saya sedang berjuang ke Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR guna lanjutan Pembangunan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Tarutung dengan Kapasitas 50 liter/detik.

Karena apabila lanjutan pembangunan SPAM berupa pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) dan Jaringan Pipa Distribusi tidak dilakukan maka air baku yg dibangun tersebut tidak dapat digunakan.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Drs Nikson Nababan MSi
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga