Sekilas Info

THR Dicicil, Karyawan Demo PT Pan Brothers, Begini Penjelasan Perusahaan

Pekerja PT Pan Brothers Boyolali berunjuk rasa di depan pabrik, Rabu (5/5/2021). [Solopos-Bayu Jatmiko Adi]
Pekerja PT Pan Brothers Boyolali berunjuk rasa di depan pabrik, Rabu (5/5/2021). [Solopos-Bayu Jatmiko Adi]

Boyolali-Pabrik tekstil milik PT Pan Brothers Tbk. (PBRX) kembali beroperasi normal pada Kamis (6/5/2021) setelah terjadi unjuk rasa ribuan karyawannya di salah satu pabriknya di daerah Boyolali, Jawa Tengah. Mereka memprotes pemberian THR yang belum dilakukan perusahaan.

Dikutip dari keterangan resmi, Direksi menyebut pada Kamis (6/5/2021) sehubungan terjadinya unjuk rasa di pabrik di Boyolali Jawa Tengah kemarin tanggal 5 Mei 2021 yang bersumber kesalahpahaman dari penerimaan informasi yang disampaikan ke karyawan/ti dan mengakibatkan simpang siurnya berita yang muncul di media.

Pada tanggal 5 Mei 2021 pagi, perseroan mengumumkan secara lisan kepada seluruh karyawan dan karyawati, bahwa saat ini kondisi arus kas perusahaan agak ketat, sehubungan dengan pemotongan modal kerja (bilateral) dari pihak perbankan sehingga tersisa 10 persen dari kondisi sebelumnya dan ini mengganggu arus kas.

"Demi menjaga kelangsungan pabrik supaya tetap bekerja penuh tanpa terjadi pengurangan pekerja, perusahaan perlu membagi berbagai arus dana pembayaran ke supplier dan pihak terkait lainnya termasuk salah satunya dengan melakukan pembayaran secara bertahap Tunjangan Hari Raya (THR)," ungkap direksi dalam keterangan resmi, Kamis (6/5/2021) dikutip dari Suara.com

Maksimal THR akan dibayar secara bertahap sebanyak 5 kali. Jika likuiditas tersedia di mana pihak perbankan mengaktifkan sebagian fasilitas kami pembayaran THR otomatis akan dipercepat dan terselesaikan di bulan September 2021 paling lambat.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Bejo
Editor: redaksi

Baca Juga