Sekilas Info

Inspiratif! Manfaatkan Panel Surya, Mahasiswa Terangi Dusun Terisolir

Manfaatkan Panel Surya, Mahasiswa Terangi Dusun Terisolir di Kabupaten Maros, Sulsel.

Pada Tahun Akademik 2021/2022, Universitas Pertamina menggelontorkan dana senilai lebih dari 50 juta rupiah untuk program tersebut. Tak kurang dari 10 proyek mahasiswa di 10 lokasi berbeda direalisasikan tahun ini setelah melalui serangkaian proses seleksi ketat.

Berbekal hasil survey kepada masyarakat, Nurcholis dan tim dengan pendampingan dari perangkat dusun, akhirnya menentukan lima titik pemasangan lampu jalan bertenaga surya.

Kelima titik ini merupakan titik krusial bagi akses dari dan ke Dusun Kuri Caddi. Nurcholis dan tim selanjutnya melakukan instalasi dan pemasangan lampu jalan bertenaga surya tersebut pada 18 Desember 2021.

“Dalam proses instalasi lampu jalan bertenaga surya tersebut, kami dapat secara langsung mempraktikkan ilmu yang sudah kami pelajari di kelas," ujarnya.

Ia mencontohkan, dengan basic knowledge di Mata Kuliah Rekayasa Bahan, pihaknya memperhitungkan dengan cermat bahan campuran yang digunakan untuk membuat pondasi beton tiang lampunya agar dapat berdiri dengan kokoh dan aman.

"Kami juga menjadikan Mata Kuliah Manajemen Konstruksi sebagai panduan dalam melakukan tahapan proyek konstruksi. Misalnya, bagaimana cara-cara pengelasan besi yang baik, pemasangannya dari satu komponen ke komponen lain, dan seterusnya,” tutur Nurcholis.

Kepala Dusun Kuri Caddi, Sapri mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Nurcholis dan tim.

“Tidak hanya mempermudah akses jalan, adik-adik mahasiswa juga telah memberikan edukasi tentang apa itu EBT dan bagaimana memanfaatkannya kepada warga Dusun Kuri Caddi," ujarnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga