Sekilas Info

KNPI Sumut Desak Tutup PT SMGP

Wakil Ketua KNPI Sumut Bidang Lingkungan Hidup, Dian Taufik Ramadhan.

"Kita mendesak negara melakukan investigasi mendalam serta menghukum seberat-beratnya kepada pihak-pihak yang lalai sehingga menimbul dampak pada ancaman kesehatan warga di lingkar tambang," tegas Dian Taufik.

Selain itu, DPD KNPI Sumut mendesak PT SMGP membuka dokumen Amdal serta dokumen RKL dan RPL agar publik dapat mengetahui dengan pasti dampak yang akan diterimanya dari aktivitas penambangan PT SMGP.

"DPD KNPI Sumut akan mengawal kejadian bencana ini sehingga didapatkan kepastian pihak yang bertanggungjawab atas bencana dimaksud," tukas Dian Taufik.

Bupati Mandailing Natal, HM Jafar Sukhairi Nasution juga meminta agar PT SMGP bertanggung jawab atas keracunan yang menimpa puluhan warga Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

Pihak perusahaan PT SMGP melalui humasnya, Roby menyatakan saat itu PT SMGP sedang melakukan kegiatan Well Test di Well Pad AAE di Desa Siabanggor Julu, pada Minggu (6/3/2022), sekira pukul 15.00 WIB.

Kapolres Madina, AKBP Reza Akbar menyebutkan pihaknya sedang menyelidiki kasus keracunan gas tersebut yang menelan korban menjadi 58 orang serta dirawat di RS Permata Madina dan RSUD Panyabungan.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Devis Karmoy
Editor: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga